-->

Pertolongan Pertama Pada Komputer (P3K)

Assalamualaikum..



Komputer pasti akan mengalami kerusakan, itu pasti..
maka dari itu kita sebelum komputer mengalami rusak yang parah, kita harus segera memeriksa dan memperbaikinya secepatnya.. ya sama seperti manusia, jika sakit harus diobati sebelum meninggal dan masuk ke liang kubur..
Nah sebelum kerusakkan itu datang alangka baiknya kalau kita merawat dengan baik komputer kita.
Sebenarnya banyak cara yang dilakukan orang untuk merawat komputer terutama data-data penting yang ada pada komputer, dan masing-masing orang pun punya cara tersendiri untuk melindungi data dari kerusakan yang parah akibat serangan-serangan program jahat. Dibawah ini saya berikan beberapa TIP'S dan TRICK yang mungkin berguna bagi Anda.

1. PASTIKAN KOMPUTER ANDA SEHAT - Bagaimana cara mengetahui komputer Anda sehat-walafiat, ikutilah langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa komputer yang Anda gunakan sehat wal-afiat.

Matikan komputer Anda dan periksa semua perlengkapan hardware pada komputer Anda, mulai dari Keyboard, CPU, Printer, Mouse dan Monitor. Pastikan tidak ada benda-benda yang mencurigakan yang mungkin tidak ada sebelumnya atau Anda merasa bahwa benda tersebut bukan Anda yang memasangnya. Perhatikan KONEKTOR KEYBOARD yang menancap pada CPU, apakah ada benda asing yang melekat atau tidak. Sebagai informasi untuk Anda, Ada sebuah alat KEYLOGER yang berbentuk KONEKTOR KEYBOARD. Alat ini dapat merekam semua karakter yang Anda tekan di keyboard dari awal sampai akhir, bentuknya mirip dengan KONEKTOR KEYBOARD, bila Anda menemukannya lepas lah konektor itu.

KEYLOGGER CHAIN TRANSMITTER 
Lepas alat-alat yang belum atau yang tidak sedang Anda gunakan seperti : USB FLASHDISK, USB CAMERA, CARD READER, INFRA RED, BLUETOOTH, DISKET DI FLOPPY DISK, MODEM EXTERNAL dan lainnya yang saat ini tidak Anda pergunakan. Alat-alat tersebut kemungkinan dapat dijadikan jalan masuk Program Jahat yang tidak Anda inginkan. Bila Komputer Anda terhubung ke JARINGAN LAN, Lepaslah konektor RJ45 yang terpasang di LAN CARD, cabut juga LINE TELEPHONE yang terhubung ke MODEM.

Hidupkan Komputer Anda seperti biasa, perhatikan proses STARTUP pastikan tidak ada kelainan pada proses startup, kemudian lihatlah ICON-ICON yang ada di QUICK LUNCH dan SYSTEM TRAY ICON, perhatikan satu persatu apakah ada program startup yang mencurigakan atau tidak. Icon-icon yang ada di SYSTEM TRAY biasanya adalah program yang auto startup seperti, PROGRAM ANTI VIRUS, VOLUME CONTROL (MMSYS), MASSENGER dan lain-lain.

Perhatikan apa ada icon yang mencurigakan atau tidak bila ada, KLIK KANAN icon tersebut dan lihatlah properties nya apakah icon tersebut memang bagian dari software yang anda install atau bukan, bila bukan berarti Anda harus meneliti lebih jauh lagi.

Non Aktifkan WINDOWS MESENGGERS, caranya klik icon messengger yang ada di SYSTEM TRAY setelah MESSENGGER dibuka Klik TOOLS lalu pilih OPTION, setelah menu OPTION keluar klik tab PREFERENCES, lalu hilangkan tanda CONTENG yang ada didepan kata :
Run this programs when windows starts.
Allow this program to run in the Background

Setelah itu klik OK. Program messengger memang berguna tetapi seringkali mengganggu kelancaran proses program, selain itu messengger juga dapat dijadikan jalan masuk program jahat yang tidak kita inginkan. Microsoft mengetahui hal ini, sehingga pada Windows Vista program messengger tidak ditempatkan pada startup.

Lihat semua file-file system dan file-file yang hidden, caranya ; jalankan windows explorer, klik TOOLS kemudian pilih FOLDER OPTION setelah itu pilih tab VIEW lalu pilih SHOW HIDDEN FILES AND FOLDERS serta hilangkan semua tanda conteng yang ada dibawahnya. Perhatikan satu persatu file-file yang telah dinonaktifkan atribut hidden nya. Bila file-file hidden dan system tidak tampil setelah anda lakukan langkah tersebut, kemungkinan komputer Anda sudah terinfeksi oleh Virus, bila ini terjadi maka Anda harus mengaktifkan nya melalui REGISTRY EDITOR (REGEDIT) yang akan dibahas di bab selanjutnya.

Lihat TASK MANAGER dan SERVICES yang dijalankan, caranya ; Klik START -- RUN -- lalu Ketik MSCONFIG kemudian klik OK. Setelah MSCONFIG aktif Klik satu persatu TAB yang ada dan perhatikan dengan seksama. Klik TAB SERVICE, perhatikan semua SERVICE yang RUNNING, pastikan tidak ada SERVICES yang mencurigakan, bila ada hilangkan tanda conteng yang ada didepan SERVICES tersebut. Setelah itu KLIK TAB STARTUP, Perhatikan juga program-program yang STARTUP, bila ada program STARTUP yang mencurigakan hilangkan tanda contengnya, Bila Anda yakin akan perubahan tersebut klik OK, bila tidak Yakin klik CANCEL.

Bila semua langkah-langkah diatas tidak ada masalah, berarti Komputer Anda 80% SEHAT WAL'AFIAT, Bila terdapat masalah berarti Sebaliknya.

2. BACKUP DATA SEDINI MUNGKIN - Backup data penting Anda pada media yang lain selagi komputer Anda sehat, bila Anda melakukan backup setelah komputer Anda terhinggapi program Jahat hal itu tidak ada gunanya sebab kemungkinan program tersebut akan ikut ter-Backup. Media yang aman untuk membackup data penting Anda menurut saya adalah di CDR/DVDR tetapi bukan CDRW/DVDRW, CDR/DVDR hanya bisa ditulis oleh program PEMBAKAR seperti NERO BURNING TOOLS atau Windows Backup, jadi boleh dikatakan program-program pengganggu tidak bisa berbuat apa-apa terhadap file yang disimpan di Media CDR/DVDR. Sebelum Anda melakukan pem-Backup-an data ada baiknya Anda meng-CONVERT-nya menjadi file IMAGES. Anda dapat menggunakan software WINISO atau NERO IMAGES untuk mengubahnya. Mengapa saya menyarankan untuk mengconvert data Anda menjadi file IMAGES, selain dapat menghemat kapasitas FILE, file IMAGES juga membackup data Anda seperti ASLI nya bila di ekstract lagi, dan factor kerusakan data tidak besar selain itu dapat membackup data yang berukuran besar. Berbeda bila Anda meng-CONVERT-nya menjadi file ZIP atau RAR, Faktor kerusakan file tersebut cukup tinggi. Terkadang file ZIP atau RAR tidak mampu menampung data yang besar, seringkali ERROR bila kita meng-Ekstrak file yang berukuran besar.

3. PASANG PROGRAM PENDUKUNG - Bila Komputer Anda belum terpasang Program-program pendukung Anti program Jahat, pasanglah program tersebut. Walaupun tidak 100% Aman dari serangan program jahat, program pendukung seperti ANTI VIRUS, ANTI SPYWARE dan FOLDER PROTECTION tetap harus Anda pasang agar mengurangi resiko pekerjaan Anda untuk mengecek secara manual keamanan Data-data Anda. Anda juga jangan terlalu mengandalkan program tersebut, untuk mengamankan Data penting Anda sebab Para Pembuat Program-program Jahat tentunya telah lebih tahu untuk melindungi program yang dibuatnya agar tidak terdeteksi oleh Program Anti virus tersebut. Itulah sebabnya mengapa setiap program ANTI VIRUS meminta Anda untuk meng-update terus program tersebut.

4. PERIKSA FILE DARI LUAR - Bila Anda mengcopy file-file yang berasal dari luar lingkungan Komputer Anda, jangan langsung Anda copy ke dokumen di Komputer Anda. DIbawah ini saya berikan tips untuk meyakinkan bahwa file yang Anda dapatkan dari luar lingkungan Komputer terbebas dari Program jahat yang tidak Anda inginkan.

Aktifkan dahulu SYSTEM RESTORE yang ada di WINDOWS, caranya ; Klik START -- CONTROL PANEL -- Double Klik ICON System -- Klik TAB SYSTEM RESTORE, Bila tanda conteng pada kata "TURN OFF SYSTEM RESTORE ON ALL DRIVES" ada, hilangkan tanda conteng itu lalu klik OK. Bila tidak Ada tanda conteng berarti SYSTEM RESTORE SUDAH AKTIF, Klik saja CANCEL untuk keluar dari Window itu.
Scan dengan Program Antivirus yang telah Anda Pasang.

Nah itu dia beberapa Langkah untuk merawat dan menjaga Komputer agan agan semuanya..
Sekian dan terima kasih,,
Kurang lebihnya minta maaf

Wassalamualaikum..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Pertolongan Pertama Pada Komputer (P3K)"

  1. wimaogawa.blogspot.com/2015/01/cara-download-video-youtube.html

    BalasHapus
  2. Untuk yang program pendukung, saya tidak terlalu percaya pada program tsb. Soalnya kadang2 reportnya ngaco

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel