-->

Apa itu Remote Desktop? Apa Fungsinya?

Assalamuallaikum...wr.wb

Salam kuper buat semuanya :v
anda pernah mendengar kata Remote Desktop? bukan Remote TV loh -_- . nah kali ini fox-software akan memberikan anda pencerahan tentang Remote Desktop.

Apa itu Remote Desktop?
Remote Desktop adalah salah satu fitur yang ada di dalam Sistem Operasi (sering ada pada sistem operasi WINDOWS) yang mengijinkan penggunanya terkoneksi ke sebuah Perangkat Komputer jarak jauh dengan user yang berbeda seolah olah mereka saling duduk berhadapan. Maksudnya gini, jika anda punya teman di luar daerah dan teman anda mempunyai masalah (masalah pada software bukan hardware) pada komputernya, nah dengan menggunakan remote desktop, anda tidak perlu jauh jauh pergi kerumah teman anda, cukup duduk didepan komputer anda dan menjalankan Remote Desktop anda langsung bisa melihat keadaan software di komputer teman anda, jadi anda langsung bisa memperbaikinya.
Lalu bagaimana menggunakan Remote Desktop?
Remote Desktop menggunakan protokol RDP (Remote Desktop Protokol) dan secara default berjalan di TCP port 3389. Nah untuk menjalankan Remote Desktop kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasisalah satunya aplikasi bawaan dari Windows yaitu Remote Desktop Connection, namun kelemahannnya yaitu jaraknya hanya bisa pada jaringan lokal semata, jadi aplikasi ini hanya bisa di jalankan di dalam satu jaringan lokal saja, jika berbeda jaringan kemungkinan tidak akan bisa dijalankan, dan juga aplikasi ini fiturnya masih sangat sederhana, ya maklum inikan aplikasi standar dari microsoft, jadi jangan berharap lebih..


Namun jika kita ingin melakukan remote desktop dengan jarak yang jauh dan dengan jaringan yang publik dan fitur yang lebih modern, kita bisa menggunakan aplikasi TeamViewer. aplikasi ini juga bisa dijalankan di Smartphone, jadi kita bisa meremote komputer dengan smartphone. canggih kan?


Aplikasi ini juga bisa dugunakan untuk meeting beberapa orang di komputernya masing masing tentunya. jika ingin lebih jelas, anda bisa menggunakannya sendiri dan rasakan sensasinya..
Jika perlu aplikasinya silahkan ke https://www.teamviewer.com/en/download/windows/

Ada juga aplikasi yang serupa seperti Radmin, Symantec, dan lainnya. Namun yang saya sarankan jika ingin melakukan Remote Desktop jarak dekat atau local gunakan yang simple saja yaitu Remote Desktop Connection, dan jika ingin jarak jauh atau jaringan Public gunakan TeamViewer saja..

Jadi dari semua yang tertulis diatas saya bisa simpulkan bahwa fungsi dari remote desktop ialah, menghubungkan komputer server dengan komputer client dengan protokol RDC yang bertujuan untuk melihat semua kegiatan yang dilakukan oleh komputer yang di tuju, contohnya seperti komputer Server melihat semua kegiatan Clientnya...

Tapi itu hanya pendapat saya saja.. jika anda suka yang lain ya terserah anda. itu hak anda...
Intinya aplikasi apapun akan lebih bermanfaat jika kita bisa menggunakannya dengan maksimal, bahkan aplikasi sederhana pun bisa lebih canggih dari aplikasi yang lebih modern.


oke sekian info dari Fox-software, jika kurang berkenan ya mohon dimaafkan,
Terima kasih dan
Wassalamuallaikum..Wr.Wb




Berlangganan update artikel terbaru via email:

21 Responses to "Apa itu Remote Desktop? Apa Fungsinya?"

  1. Bentar, gue coba download dulu yaa vruh :))

    BalasHapus
  2. Sering gw gunain juga nih kalau sodara gw komputernya kena pilus gua remote dari rumah :))

    BalasHapus
  3. hmmmmm, menggunakan team viewernya gan?... biasanya digunakan untuk kepentingan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggunakannya gampang gan, asal PC 1 dgn PC yg akan diremotenya terkoneksi internet pasti bisa.. tinggal copy id sama passnya aja..
      buat klo ada masalah di pc client

      Hapus
  4. Ane coba ah kompatibel di os apa aja gan

    BalasHapus
  5. oh ini yang disebut Remote Desktop, thanks gan :D nambah ilmu nih

    BalasHapus
  6. aplikasi yang sangat mengagumkan ... meremot komputer dari jarak jauh walaupun beda negara tetap bisa menggunakan aplikasi ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, ini sangat bermanfaat, tp ada kelemahannya juga gan,,

      Hapus
  7. Oh ternyata itu toh fungsinnya, mau isengin PC temen ah.. :D

    BalasHapus
  8. wah makasih ya gan cara remote dari jarak jauh bsa ya

    BalasHapus
  9. Ane juga pake teamviewer gan, untuk kebutuhan client juga. :D

    BalasHapus
  10. wah,, jadi mudah ya gan.. gaperlu datengin komputer lain yang bermasalah..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel