-->

10 Langkah Komputer Bebas Virus Tanpa Antivirus


“Antivirus paling bagus“, “antivirus yang tidak perlu update“, “antivirus paling canggih“. Itu adalah contoh keyword tentang antivirus yang digunakan visitor mendarat di rumah onlineku ini. Jika kalian masih dipusingkan dengan antivirus, aku sudah memutuskan tidak meng-install antivirus di komputerku.
Kenapa saya tidak memakai antivirus?
Alasan utama adalah antivirus sangat besar menyita resource komputer, sehingga komputer menjadi lambat. Sebagian resource komputer hanya di sita oleh antivirus, apalagi kalau ditambah anti spyware + firewall. Antivirus yang butuh memory gede contohnya McAfee dan Symantec/Norton.
Alasan lain adalah, antivirus harus update secara teratur. Kalo tidak diupdate, percuma aja memakai antivirus. Update berarti butuh download, berarti harus buang-buang bandwidth. Apalagi jika memakai internet limited atau dial-up. Sekali Download update antivirus, filenya mencapai puluhan megabyte (update Symantec ukurannya 30Mb lebih).
Dan alasan yang membuat saya tidak percaya oleh antivirus adalah beberapa antivirus yang kita install dapat mengaktifkan atau menambah VIRUS yang ada di PC kita (Seperti pengalaman saya)
Oh ya anda sudah tau kan, Keamanan selalu bertolak belakang dengan kenyamanan? Anda bisa menerapkan beberapa triks di bawah ini sesuai dengan situasi dan kondisi anda.
Bagaimana Memproteksi Komputer dari Virus, Spyware, Adware, Mallware, Trojan Tanpa Antivirus?
1.       Familiar With File types
Kita perlu mengenali tipe-tipe file untuk menghindari virus menyerang dengan metode rekayasa sosial (social engineering) seperti kasus virus brontok.
Berikut ini adalah jenis-jenis file yang umum di pakai:
#             File Musik: .Mp3, .Wma, .Wav, .Midi.
#             File Video/Movie: .Wmv, .Mov, .Rm, .Mpeg, .Mpg, .avi, .mp4, .mkv, .flv.
#             File Dokumen: .Doc, .Xls, .Ppt, .Pdf.
#             File Image/Picture: .Jpg, .Jpeg, .Gif, .Png, .Tiff, .Bmp, .Ico.
#             File Web: .Php, .Html, .Htm, . Asp, .Xml, .Asp.
#             File Arsip: .Zip, .Rar, .Tar.gz.
#             File Applikasi*: .EXE, .MSI
#             File berbahaya lainnya*:  .Bat, .Reg, .Com
                (*) jangan pernah double click file ini jika kalian tidak mengenali file tersebut
Secara default Windows menyembunyikan file extension tersebut supaya tidak membingungkan user. Kita harus menampilkannya. Cara menampilkan file extension:
# klik kanan Pada File tsb
# Pilih Properties (pilihan yang paling bawah)
# lalu akan muncul kotak dialog seperti berikut


2.       Menjaga file yang masuk atau yang Di DOWNLOAD
Setelah kita mengenal beberapa type file kita juga harus menjaga  File apa saja yang kita DOWNLOAD,, kebanyakan file yang di upload di internet mengandung virus…
Dan juga berhati hatilah dengan Flashdisk yang anda colokkan di PC anda.

3.       Hati Hati dengan INTERNET
Jika PC anda mempunyai virus maka anda mesti hati2 dalam berinternet,, karena setiap kali kita terkoneksi keinternet maka virus tsb akan UPDATE secara otomatis dan berkembang biak,,
Solusinya adalah dengan menonaktifkan windows firewall
Caranya
# masuk control panel  -> System and Security -> Windows Firewall
# lalu pilih “Turn Windows Firewall On or Off” seperti berikut
      

4. Create Limited User Account (untuk komputer multiuser)
Jika komputer anda dipakai banyak orang,komputer multiuseradalah komputer paling mudah bermasalah. Buat account Administratorhanya satu. User Administrator mempunyai akses unlimited terhadap sistem komputer. Kontrol komputer dari satu account administrator ini.
Buat account Guest atau buat account dengan username pengguna dengan akses limited (user biasa). Jangan pernah memberikan akses Administrator. Jadi kelak seseorang yang login sebagai guest atauuser biasa bebas menggunakan komputer dengan leluasa, tapi tidak bisa mengganti setting sistem komputer, termasuk tidak bisa menginstall atau uninstall program seenaknya.
Aku tidak perlu menyertakan cara tutorial membuat User Account-kan?
Sekarang komputer anda sudah 4 langkah bebas virus.

5. Lock .EXE Files
Tampaknya sudah berjalan dengan lancar, namun hari itu anda lupa meng-disable kembali USB port setelah anda memakainya. Jika kurang beruntung, komputer kita mungkin sudah terinfeksi . Untuk mencegah penyakit lupa ini, kita lock .EXE file supaya tidak bisa dijalankan pada drive flashdisk. Drive flashdisk akan berbeda-beda pada tiap komputer, tergantung partisi harddisk pada komputer.
Sekarang PC anda udah 5 langkah aman dari virus.

 6. Scan Files Online
Saya suka coba-coba program. Jika tidak ada antivirus, bagaimana mau install software? Spyware dan virus biasa banyak terdapat di freeware. Untuk yang satu ini, kita bisa scan file-file executable tersebut sebelum di install. Banyak sekali free online file scanneryang bisa kita pakai. Jangan cuma memakai 1 scanner, tapi pakai beberapa service untuk memastikan program tersebut benar-benar aman sebelum di install.
TotalScan: Antivirus yang dicover sangat banyak meliputi:
a-squared, AhnLab-V3, AntiVir, Authentium, Avast, AVG, BitDefender, CAT-QuickHeal, ClamAV, Comodo, DrWeb, eTrust-Vet, Ewido, F-Prot, F-Secure, Fortinet, GData, Ikarus, K7AntiVirus, Kaspersky, McAfee, McAfee+Artemis, Microsoft, NOD32, Norman, Panda, PCTools, Prevx1, Rising, SecureWeb-Gateway, Sophos, Sunbelt, Symantec, TheHacker, TrendMicro, VBA32, ViRobot, VirusBuster.
Filterbit: Antivirus engine yang dicover meliputi: AVG scan engine, ClamAV, Eset scanning engine, eTrust Engine, McAfee VirusScan Enterprise, Microworld (Kaspersky) Scan engine, Norman Scan Engine, VirusBuster EDK.
 Jotti Virus Scan: Antivirus yang dicover: A-Squared , AntiVir , ArcaVir , Avast , AVG Antivirus , BitDefender , ClamAV , CPsecure , Dr.Web , F-Prot Antivirus , F-Secure Anti-Virus , G DATA , Ikarus , Kaspersky Anti-Virus , NOD32 , Norman Virus Control , Panda Antivirus , Sophos Antivirus , VirusBuster , VBA32
 Dr. Web: Memakai engine sendiri. Integrated dengan browser. Download browser plugin Dr.Web.
 Kaspersky: memakai engine sendiri.
Avast: memakai engine sendiri.
Komputer anda sudah 6 langkah bebas dari virus.

7. Firefox The Safest Browser.
Terus kalau mau browsing bagaimana? Internet penuh dengan mallware, spyware, dll. Sudah tahu ? (keterlaluan kalau belum!)
Menurut pooling dari wilderssecurity.com, FireFox is the safest browser ever. Ganti browser anda ke FireFox dan install plugin berikut ini:
 Dr. Web browser plugin. Right Click Browser Extension. Scan sebelum membuka, scan sebelum download. Juga tersedia untuk IE.

WOT - Web of Trust. Plugin yang sangat berguna untuk memperingati user tentang website yang beresiko untuk di kunjungi. Hijau = aman, Merah = Berbahaya, Kuning = hati-hati.

 McAfee Site Advisor. Prinsipnya sama dengan WOT. Untuk IE juga tersedia.

FireFox juga dapat membantu “Mengontrol Bandwidth Koneksi Internet Limited“, dengan memblok banner, memblok pop up windows, dll.
Jadi sebelum membuka website lihat dulu tanda nya merah atau hijau, sebelum download scan dulu aman atau tidak.
Komputer anda sudah 7 langkah bebas dari virus.

8. Software Virtualization Solution
Ini adalah super useful software. Aku susah menjelaskan. Ini baca sendiri ya: Altiris Software Virtualization SolutionTM (SVS) is a completely new way to use software. By placing applications and data into managed units called virtual software packages (VSPs), SVS allows you to instantly activate, deactivate or reset applications and to completely avoid conflicts between applications, without altering the base Windows installation. Say goodbye to “DLL Hell” and “Registry Rot” forever!
Intinya setiap software yang di install akan di capture setiap perubahannya di system termasuk di registry. Sudah taukan proses uninstall biasa masih akan tetap meninggalkan sampah di registry. Solusi yang tepat untuk yang suka coba-coba software.
Dengan Altiris Software Virtualization sangat membantu komputer tetap bersih dan ringan.
Komputermu 8 langkah aman dari virus.

9. Virtual PC
Altiris Software Virtualization tidak cukup? Ok anda bisa berkenalan dengan Virtual PC. Yang gratis adalah Microsoft Virtual PC. Yang commercial version dari VMWare sangat bagus, tapi kalau hanyaVMWare Player adalah freeware.
Inti dari virtual PC ini adalah, kita menjalankan virtual operating system di dalam system operasi yang sedang kita jalankan sekarang. SO yang dijalankan bisa Linux atau Windows. Kita bisa melakukan apa saja di dalam virtual PC seperti kita sedang menjalankan komputer sekarang. Semua perubahan yang dilakukan di dalam virtual PC tidak akan mempengaruhi system komputer kita. Jadi aman jika mau install software, tes networking, bahkan menjalankan virus saja tidak apa-apa. Semua tidak akan berpengaruh kepada sistem operasi yang kita pakai sekarang.
Dengan virtual PC sangat membantu komputer tetap bersih dan ringan.
Komputer anda 9 langkah bebas virus.

10. Visit honey96.nazuka.net Regularly
Langkah ke-10 adalah mengunjungi honey96.nazuka.net secara teratur hehehe agak rasiz sedikit
Mungkin kalian mau melakukan computer system scan sekali setiap beberapa lama untuk memastikan system benar-benar bersih. Anda bisa Scan system komputer secara online. Software antivirus tidak perlu di Install.




Finish and THANKS
FOR  YOUR  ATTENTION
© FOX SOFT
     Lukman hasim

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "10 Langkah Komputer Bebas Virus Tanpa Antivirus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel